Apa Ide Mu Hari Ini?



Apa Ide Mu Hari Ini?

Hasil gambar untuk TULUS
            
Gambar terkait

         Siapa sih yang gak kenal sama Tulus, Raisa dan juga Isyana? Setiap dari kita terutama pecinta musik pasti tahu banget dengan karya – karya mereka. Tapi, sudah tahukah kalian kalau musik itu juga termasuk ke dalam ekonomi kreatif ? Bukan hanya musik, tapi perfilman, iklan, craft, design dan bahkan juga showbiz hingga R&D itu juga ke dalam ekonomi kreatif.
            Tahukah kalian apa itu industri ekonomi kreatif? Mari coba kita ulas!
            Menurut John Howkins, penulis buku “Creative Economy, How People Make Money from Ideas”, Ekonomi Kreatif didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi dimana input dan outputnya adalah gagasan. Dari definisi tersebut sudah bisa dibayangkan bagaimana kita bisa sukses hanya dari sebuah gagasan. Singkatnya, kita punya ide, terus kita kembangkan ide itu, kita jalankan dan who know kalau ide itu bisa jadi kesuksesan kita.
            Mari kita lihat Tulus, pernahkah terbayangkan oleh kita lulusan sarjana arsitek itu bisa jadi pecipta lagu sekaligus penyanyi yang lagi hits saat ini? Semua kesuksesan Tulus saat ini berawal dari ide atau gagasan yang ia miliki dalam bermusik.
            Ekonomi kreatif dan Industri Kreatif di Indonesia sendiri mulai sering diperbincangkan kira-kira di awal tahun 2006. Dari pihak pemerintah kita, melalui menteri perdagangan saat itu, Dr Mari Elka Pangestu, pada tahun 2006, meluncurkan program Indonesia Design Power di jajaran Departemen Perdagangan Indonesia, suatu program pemerintah yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk – produk Indonesia baik di dalam negeri hingga ke luar negeri untuk diekspor.
            Ada 14 subsektor dalam lingkup industri ekonomi kreatif. Diantaranya adalah periklanan; arsitektur; pasar barang seni; kerajinan; desain; fashion; video, film dan fotografi; game; musik; showbiz; penerbitan dan percetakan; software; broadcasting; dan R&D.  
Hasil gambar untuk SARANGHAMNIDA DRAMA INDONESIA Gambar terkait
            Di tahun 2002 – 2006 saja, rata – rata kontribusi PDB industri ekonomi kreatif adalah sebesar 6,3% dari total PDB Nasional senilai  Rp 104,6 triliun. Nilai ekspor industri kreatif mencapai Rp 81,4 triliun dengan kontribusi sebesar 9,13% terhadap total nilai ekspor nasional dengan menyerap jumlah tenaga kerja hingga 5,4 juta pekerja.
            Nah, gak kebayangkan gimana suksesnya geliatnya hingga tahun ini hingga ke depannya? Jadi jangan takut untuk jadi berbeda dan jadi kreatif. Siapa tahu justru berawal dari ide – ide kita bisa jadi langkah awal dan pintu rejeki buat kita. 
Hasil gambar untuk BEKRAF
            Akhir kata, tetap semangat dan selalu ceria. #SemangatTerbarukan. Dan jangan lupa bahagia~ ^^



Komentar

  1. Pas jamannya Mari Elka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) jadi satu kesatuan, terus as jamannya Jokowi periode 1, diubah menjadi Kementerian Pariwisata. Sekarang kembali ke Kemenparekraf. Btw Mantap sih si Tulus ini...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Mirror of Sky Castle

방탄소년단 | BTS | FILM OUT [SONG LYRICS]

Cover|KUN, CHENLE - free love (HONNE) [SONG LYRICS]